SOAL BAHASA INGGRIS KELAS 7 SEMESTER GANJIL KURIKULUM K13 TERBARU

            COP SEKOLAH         Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris Hari/Tanggal              : Kelas/Semester           : VII/I   Read carefully and chosee the best answer between a, b, c or d !   1.        Mom          : Good morning, siti. How are you ? Siti             : Good morning mom, …………..Thanks. A. I’m fine                          B. Are you ok               C. Morning too      D. How are you   2.   ...

CONTOH SK P5 SMP KURIKULUM MERDEKA

 

 

COP SEKOLAH

 


KEPUTUSAN

KEPALA SMP NEGERI …………

NOMOR : 030/SMPN/VII/2024

TENTANG

TIM FASILITATOR PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

SMP NEGERI ….

TAHUN AJARAN 2024/2025

 

Menimbang

:

Bahwa dalam kelancaran pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajaran Pancasila, maka perlu dibentuk oleh Tim Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP NEGERI …..

Memperhatikan

:

1.       Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indoensia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 430);

2.       Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan;

3.       Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi   Nomor 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada  Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan  Pendidikan Menengah;

4.       Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi   Nomor 7 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Isi pada  Pendidikan Anak Usia Dini,  Jenjang Pendidikan Dasar, dan  Pendidikan Menengah;

5.       Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi   Nomor 56/M/2022 Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran;

6.       Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi   Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses pada  Pendidikan Anak Usia Dini,  Jenjang Pendidikan Dasar, dan  Pendidikan Menengah;

7.       Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi   Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan pada  Pendidikan Anak Usia Dini,  Jenjang Pendidikan Dasar, dan  Pendidikan Menengah;

8.       Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 262/M/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran

9.       Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP)  Nomor 033/H/KR/2022 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran pada  Pendidikan Anak Usia Dini,  Jenjang Pendidikan Dasar, dan  Pendidikan Menengah Pada  Kurikulum Merdeka;

10.    Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Nomor 009/H/KR/2022 Tahun 2022 tentang Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.

11.    Keputusan Kepala Dinas Pendidikan  Tahun Pelajaran 2024/2025.

 

Mengingat

:

Saran dan usul peserta rapat pembentukan Tim Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP  Negeri …. tanggal 18 Juli 2024/2025.

MEMUTUSKAN

Menetapkan

 

 

Pertama

:

Membentuk Tim Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP Negeri ….. Tahun Ajaran 2024/2025 sebagaimana terdapat pada lampiran surat Keputusan ini.

Kedua

:

Segala biaya yang timbul akibat keputusan ini dibebankan kepada anggaran yang sesuai.

Ketiga

:

Apabila ternyata dikemudian hari terdapat kekeliruan pada keputusan ini, akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Keempat

:

Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

                                                                                                     Ditetapkan di                 : Jakarta

Pada Tanggal                : 18 Juli 2024

Kepala SMPN ……

 


  NAMA KEPALA SEKOLAH, S.Pd

      NIP.

 

 





Lampiran I

:

Keputusan Kepala SMPN …..

 

 

 

Nomor

:

030/SMP/VII/2024

Tanggal

:

18 Juli 2024

 

TIM FASILITATOR PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

SMP NEGERI ….

TAHUN AJARAN 2024/2025

 

NO

NAMA

JABATAN DALAM TIM

JABATAN DINAS

1

 

Penanggung jawab

Kepala Sekolah

2

 

Koordinator Projek

Guru

3

 

Fasilitator

Guru

4

 

Fasilitator

Guru

5

 

Fasilitator

Guru

6

 

Fasilitator

Guru

7

 

Fasilitator

Guru


Ditetapkan di             : Jakarta

Pada Tanggal              : 18 Juli 2024

Kepala SMPN ……

 

NAMA KEPALA SEKOLAH, S.Pd

NIP.

 



 

 

Lampiran II

:

Keputusan Kepala SMP Negeri …

 

 

 

Nomor

:

030/SMPN/VII/2024

Tanggal

:

18 Juli 2024

 

 

TUGAS POKOK DAN PERAN TIM FASILITATOR PROJEK

SMP NEGERI …

TAHUN AJARAN 2024/2025

 

 

A.    KEPALA SEKOLAH/ PENANGGUNGJAWAB

1.     Menyiapkan sistem dari perencanaan hingga evaluasi dan refleksi projek profil diskala satuan pendidikan, termasuk sistem pendokumentasian projek profil. Sistem ini juga dapat digunakan sebagai portofolio satuan pendidikan

2.     Membuka pintu kolaborasi dengan narasumber untuk memperkaya materi projek profil: masyarakat, komunitas, akademisi, praktisi. Satuan pendidikan dapat mengidentifikasi orang tua yang potensial sebagai narasumber dari daftar pekerjaan orang tua atau narasumber ahli di lingkungan sekitar satuan pendidikan

3.     Mengomunikasikan projek penguatan profil pelajar Pancasila kepada lingkungan satuan pendidikan, orang tua peserta didik, dan mitra (narasumber dan organisasi terkait).

4.     Memastikan beban kerja pendidik tetap dipertahankan (tidak dikurangi) sesuai arahan alokasi waktu projek profil yang sudah diatur oleh pemerintah

5.     Melibatkan pendidik bimbingan dan konseling atau mentor untuk memfasilitasi proses berjalannya projek profil dengan memberikan dukungan, baik dalam bidang akademis maupun kebutuhan emosional peserta didik.

6.     Menyediakan kebutuhan sumber daya serta dana yang diperlukan untuk kelangsungan projek profil

 

B.    KOORDINATOR PROJEK

1.     Mengelola sistem yang dibutuhkan tim pendidik/fasilitator dan peserta didik agar dapat menyelesaikan projek profil dengan sukses

2.     Memastikan kolaborasi pengajaran terjadi di antara para pendidik yang tergabung di dalam tim fasilitator projek profil.

3.     Memastikan alur projek profil memiliki aktivitas yang kaya dan beragam untuk mengoptimalkan prinsip eksploratif.

4.     Memastikan rancangan asesmen yang dilakukan sesuai dengan kriteria kesuksesan yang sudah ditetapkan

 

C.    FASILITATOR PROJEK

1.     Memperhatikan kebutuhan dan minat belajar setiap peserta didik agar dapat memberikan stimulan atau tantangan yang beragam (berdiferensiasi), sesuai dengan gaya belajar, daya imajinasi, kreasi dan inovasi, serta peminatan terhadap tema projek profil.

2.     Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat dalam perencanaan dan pengembangan projek profil, dengan menyesuaikan kesiapan peserta didik dalam tingkat keterlibatan

3.     Memberikan ruang bagi peserta didik untuk mendalami isu atau topik pembelajaran yang kontekstual dengan tema projek profil sesuai dengan minat masing-masing peserta didik.

4.     Berkolaborasi dengan seluruh pihak terkait projek profil (orang tua, mitra, lingkungan satuan pendidikan, dll. ) dalam mencapai tujuan pembelajaran dari setiap tema projek profil

5.     Melakukan penilaian yang mengacu pada prinsip asesmen yang sudah ditentukan dalam memonitor perkembangan profil pelajar Pancasila yang menjadi fokus sasaran.

6.     Menyediakan sumber belajar yang dibutuhkan oleh peserta didik secara proporsional. Contoh dalam tahapan belajarnya, peserta didik perlu dibantu dalam penyediaan hal berikut:

a.     Buku, surat kabar, majalah, jurnal, dan sumber-sumber pembelajaran lain yang berhubungan dengan projek profil.

b.     Narasumber yang dapat memperkaya proses pelaksanaan projek profil

7.     Mengajarkan keterampilan proses inkuiri peserta didik dan mendampingi peserta didik untuk mencari referensi sumber pembelajaran yang dibutuhkan, seperti buku, artikel, tulisan pada surat kabar/ majalah, praktisi atau ahli bidang tertentu, dan sumber belajar lainnya

8.     Memfasilitasi akses untuk proses riset dan bukti.

a.     Menyiapkan surat pengantar yang dibutuhkan untuk menghubungi sumber pembelajaran

b.     Mencari kontak dan menghubungi narasumber

9.     Membuka diri untuk memberi dan menerima masukan serta kritik, mulai dari awal hingga akhir pelaksanaan projek profil.

10.  Mendampingi peserta didik untuk merencanakan dan menyelenggarakan setiap tahapan kegiatan projek profil yang menjadi ruang lingkup belajar peserta didik

11.  Memberi ruang peserta didik untuk berpendapat, membuat pilihan, dan mempresentasikan projek profil mereka.

12.  Mengelola beban kerja mengajar dengan seimbang antara intrakurikuler dan projek profil

 

 

Ditetapkan di             : Jakarta

Pada Tanggal              : 18 Juli 2024

Kepala SMPN ……

 

 

 NAMA KEPALA SEKOLAH, S.Pd

 NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Proposal Beasiswa

Proses dan Model Komunikasi Massa

Munculnya media komunikasi massa