Contoh Surat Pemberitahuan Keikutsertaan Peserta Didik ANBK SD tahun 2022

Image
Seluruh sekolah indonesia melaksanakan ANBK dari jenjang SD sederajat, SMP sederajat dan SMA sederajat ,  ANBK atau kepanjangannya Asesmen Nasional Berbasis Komputer tidak lama lagi akan dimulai untuk jenjang SD sederajat. untuk diketahui bersama sebelumnya sudah selesai pelaksanaan ANBK untuk jenjang SMA sederajat dan SMP sederajat, dilansir di halaman web ANBK berikut Tanggal-tanggal penting Simulasi ANBK jenjang SD/SDLB/Paket A sederajat. No Tanggal Kegiatan SIMULASI 1 1. Maks 24 September 18.00 WIB Pemutakhiran Data Status dan Moda 2. 26-27 September Sinkronisasi Simulasi SD 3. 28-29 September Pelaksanaan Simulasi SD SIMULASI 2 4. Maks 29 September 18.00 WIB Pemutakhiran Data Status dan Moda 5. 1-2 Oktober Sinkronisasi Simulasi SD 6. 3-6 Oktober Pelaksanaan Simulasi SD Baca Juga :  JADWAL ANBK SD SIMULASI, GLADI BERSIH DAN PELAKSANAAN ANBK TAHUN 2022 Untuk persiapan Simulasi Sesmen Nasional jenjang SD/SDLB/Paket A sederajat , berikut langkah-langkah yang harus segera dilakukan: 1.

PENGERTIAN KOMUNIKASI MASSA MENURUT PARA AHLI

Malam All, Semoga Kalian Pada sehat ya, Malam ini saya akan memposting Definisi Komunikasi Massa Menurut Para Ahli, Semoga bermanfaat, Amin


Gambar Komunikasi Massa








1.      Menurut Bittner

Definisi komunikasi massa yang paling sederhana dikemukakan oleh Bittner (Rakhmat,seperti yang disitir Komala, dalam karnilh, dkk.1999), yakni: komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang (mass communication is messages communicated through a mass medium to a large number of people). Dari definisi tersebut dapat diketahui bahwa komunikasi massa itu harus menggunakan media massa. Jadi sekalipun komunikasi itu disampaikan kepada khalayak yang banyak, seperti rapat akbar di lapangan luas yang dihadiri oleh ribuan, bahkan puluhan ribu orang, jika tidak menggunakan media massa, maka itu bukan komunikasi massa. Media komunikasi yang termasuk media massa adalah radio siaran, dan televisi- keduanya dikenal sebagai media elektronik; surat kabar dan majalah- keduanya disebut dengan media cetak; serta media film. Film sebagai media komunikasi massa adalah film bioskop.
  
2.      Menurut Gebner
Definisi komunikasi massa yang lebih rinci dikemukakan oleh ahli komunikasi yang lain, yaitu Gebner. Menurut Gerbner (1967) “Mass communication is the tehnologically and institutionally based production and distribution of the most broadly shared continous flow of messages in industrial societes”. (Komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat indonesia (rakhmat, seperti yang dikutip Komala, dalam Karnilah, dkk.1999).
Dari definisi Gerbner tergambar bahwa komunikasi massa itu menghasilkan suatu produk berupa pesan-pesan komunikasi. Produk tersebut disebarkan, didistribusikan kepada khalayak luas secara terus menerus dalam jarak waktu yang tetap, misalnya harian, mingguan, dwimingguan atau bulanan. Proses memproduksi pesan tidak dapat dilakukan oleh perorangan, melainkan harus oleh lembaga, dan membutuhkan suatu teknologi tertentu, sehingga komunikasi massa akan banyak dilakukan oleh masyarakat industri.

3.      Menurut Meletzke
Definisi komunikasi massa dari Meletzke berikut ini memperlihatkan massa yang satu arah dan tidak langsung sebagai akibat dari penggunaan media massa, juga sifat pesannya yang terbuka untuk semua orang. Dalam definisi Meletzke, komunikasi massa diartikan sebagai setiap bentuk komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar (Rakhmat seperti yang dikutip dalam Komala, dalam Karlinah. 1999). Istilah tersebar menunjukkan bahwa komunikan sebagai pihak penerima pesan tidak berada di suatu  tempat, tetapi tersebar di berbagai tempat.

4.      Menurut Freidson
Definisi komunikasi massa menurut Freidson dibedakan dari jenis komunikasi lainnya dengan suatu kenyataan bahwa komunikasi massa dialamatkan kepada sejumlah populasi dari berbagai kelompok, dan bukan hanya satu atau beberapa individu atau sebagian khusus populasi. Komunikasi massa juga mempunyai anggapan tersirat akan adanya alat-alat khusus untuk menyampaikan komuniaksi agar komunikasi itu dapat mencapai pada saat yang sama semua orang yang mewakili berbagai lapisan masyarakat. (Rakhmat seperti yang dikutip dalam Komala, dalam Karlinah. 1999).

5.      Menurut William R. Rivers dkk
Komunikasi Massa dapat diartikan dalam dua cara:
1. Komunikasi oleh media.
2. Komunikasi untuk massa.

Namun, Komunikasi Massa tidak berarti komunikasi untuk setiap orang.Pasalnya, media cenderung memilih khalayak; demikian pula, khalayak pun memilih-milih media.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Proposal Beasiswa

Proses dan Model Komunikasi Massa

Makalah Perkembangan Kedewasaan dan Tahapannya