Contoh Surat Pemberitahuan Keikutsertaan Peserta Didik ANBK SD tahun 2022

Image
Seluruh sekolah indonesia melaksanakan ANBK dari jenjang SD sederajat, SMP sederajat dan SMA sederajat ,  ANBK atau kepanjangannya Asesmen Nasional Berbasis Komputer tidak lama lagi akan dimulai untuk jenjang SD sederajat. untuk diketahui bersama sebelumnya sudah selesai pelaksanaan ANBK untuk jenjang SMA sederajat dan SMP sederajat, dilansir di halaman web ANBK berikut Tanggal-tanggal penting Simulasi ANBK jenjang SD/SDLB/Paket A sederajat. No Tanggal Kegiatan SIMULASI 1 1. Maks 24 September 18.00 WIB Pemutakhiran Data Status dan Moda 2. 26-27 September Sinkronisasi Simulasi SD 3. 28-29 September Pelaksanaan Simulasi SD SIMULASI 2 4. Maks 29 September 18.00 WIB Pemutakhiran Data Status dan Moda 5. 1-2 Oktober Sinkronisasi Simulasi SD 6. 3-6 Oktober Pelaksanaan Simulasi SD Baca Juga :  JADWAL ANBK SD SIMULASI, GLADI BERSIH DAN PELAKSANAAN ANBK TAHUN 2022 Untuk persiapan Simulasi Sesmen Nasional jenjang SD/SDLB/Paket A sederajat , berikut langkah-langkah yang harus segera dilakukan: 1.

Munculnya media komunikasi massa



Malam ini saya akan memposting Munculnya Komunikasi Massa, Semoga bermanfaat bagi pembaca dan terutama untuk saya sendiri, Amin...

Gambar Komunikasi Massa
 


Munculnya media komunikasi massa                                                                     
Perkembangan media massa yang terus berubah dari waktu ke waktu disebabkan oleh implikasi sejarah perkembangan manusia itu sendiri.Media massa yang kian pesat pertumbuhannya dewasa ini merupakan dampak sejarah panjang proses komunikasi umat manusia. Karena manusia ingin meningkatkan kualitas komunikasinya.Perubahan radikal dalam proses komunikasi tersebut sangat mempengaruhi perkembangan pemikiran, tingkah laku, dan budaya manusia.
Menurut Melvin DeFleur dan Sandra J, Ball-Rokeach dalam bukunya Theories Mass of Communication (1989), setidak-tidaknya disebutkan ada lima revolusi komunikasi massa :
1 Zaman penggunaan tanda dan isyarat (the age of signs and signals)
2. Zaman percakapan dan bahasa (the age of speech and language)
3. Zaman tulisan (the age of writing)
4. Zaman media cetak (the age of print)
5. Zaman media massa (the age of mass communication)
Zaman Tanda dan Isyarat
Dalam proses komunikasinya mereka sering menggunakan tangisan, jeritan, dan bentuk tubuh sebagai tanda bahaya, tersedianya makanan, atau koordinasi untuk berburu.
Dengan keterbatasan tersebut, mereka akan kesulitan untuk mengkonstruksikan sebuah pesan secara sempurnaMunculnya tanda dan isyarat sebagai alat komunikasi berasal dari penyempurnaan penggunaan suara sebagai alat komunikasi pada generasi berikutnya.
 Zaman Bahasa dan Lisan
Zaman komunikasi lisan ini berjalan kira-kira 300.000 sampai 200.000 tahun SM.Dengan sistem simbolik yang dimiliki individu dapat mengklasifikasi, mengirim, menerima, dan mengerti pesan lebih baik .Meskipun bahasa tidak membawa perubahan secara langsung, tetapi telah mampu membawa perubahan dan pembentukan peradaban yang lebih maju
Zaman Tulisan
Era tulisan ini muncul sekitar 5000 tahun SM
Gagasan yang dibuat, direkam, dilipat gandakan, dan digambar serta diwariskan pada generasi selanjutnya
Pada era ini sudah ada standarisasi huruf (alfabet)
Hal yang penting dalam era ini adalah perubahan dari menulis di batu ke media portable dan industri ringan
Fenomena ini menjadi tahapan penting dalam proses menuju zaman digunakannya mesin cetak sebagai alat komunikasi.
Zaman Cetak
Lepas dari zaman tulisan, salah satu penyempurnaan paling besar dari perkembangan komunikasi manusia adalah ditemukannya cetakan.
Pada tahun 1455, Johan Gutenberg memperkenalkan cara unik mencetak untuk pertama kalinya. Dia membuat gagasan dengan membuat mesin baja untuk masing-masing huruf.
Awal abad ke-16 baru saja dimulai. Mesin cetak Gutenberg telah mampu mencetak dan melipat gandakan yang dapat dipindah dan mampu mencetak ribuan salinan buku cetak diatas kertas. Hasil cetakan itu dapat dibaca oleh setiap orang yang mampu membaca kedalam bahasanya masing-masing.

Gambar Komunikasi Massa
Melvin D. Fleur dan Sandra J. Ball-Rokeach (1989) mengatakan ada dua hal penting yang harus dicermati pada era ini.
1. Media surat kabar dan juga media cetak lainnya bisa muncul setelah seperangkat kompleksitas elemen budaya muncul dan terus berkembang dimasyarakat.
2. Seperti hampir yang terjadi pada semua penemuan sebelumnya, penemuan mesin cetak merupakan gabungan antar elemen dalam masyarakat.
Pada akhir abad ke-19 menjadi jelas munculnya beberapa bentuk media cetak seperti surat kabar, buku, dan majalah yang digunakannya secara luas oleh masyarakat

 Zaman Komunikasi Massa
Dengan kemunculan media cetak, langkah aktivitas komunikasi mulai menanjak cepat.Demikian juga munculnya radio, kemudian televisi mengakibatkan komunikasi massa menjadi satu hal penting dan menjadi bagian dalam kehidupan modern ini.Abad komunikasi massa dipaksa berkembang lebih cepat lagi dengan munculnya internet sebagai bagian dari media massa.Internet telah mampu mengatasi ruang dan waktu proses penyebaran informasi di dunia ini.


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Proposal Beasiswa

Proses dan Model Komunikasi Massa

Makalah Perkembangan Kedewasaan dan Tahapannya